BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kehidupan manusia yang bermula dari
kesederhanaan kini menjadi kehidupan yang bisa dikategorikan sangat modern. Di
era sekarang, segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara-cara yang praktis.
Hal ini merupakan dampak yang timbul dari hadirnya teknologi. Teknologi itu
sendiri adalah sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan
manusia.
Dunia informasi saat ini seakan
tidak bisa terlepas dari teknologi. Penggunaan teknologi oleh masyarakat
menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih. Komunikasi yang
dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya, kini bertransformasi
menjadi sangat cepat dan seakan tanpa jarak.
Dengan kemajuan teknologi yang
begitu pesat ini, jarak dan waktu bukan masalah dan menjadikan manusia tidak
terbatas oleh jarak dalam berkomunikasi. Hal ini disebabkan karena semakin
cepatnya akses informasi dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa mengetahui
peristiwa yang sedang terjadi di daerah lain atau bahkan di negara lain,
misalnya kita dapat langsung mengakses bahkan berinteraksi langsung dengan
orang dan keadaan di negara Jepang dengan menggunakan telepon serta teknologi
canggih lainnya.
Awalnya, teknologi diciptakan untuk
mempermudah setiap kegiatan manusia. Teknologi lahir dari pemikiran manusia
yang berusaha untuk mempermudah kegiatan-kegiatannya yang kemudian diterapkan
dalam kehidupan. Namun kini teknologi telah berkembang pesat dan semakin
canggih seiring dengan perkembangan zaman sehingga terjadi penambahan fungsi
teknologi yang semakin memanjakan kehidupan manusia. Salah satu contoh
fasilitas canggih saat ini adalah handphone.
Di awal kemunculannya, handphone
hanya dimiliki oleh kalangan tertentu yang benar-benar membutuhkannya demi
kelancaran pekerjaan mereka dan dianggap sebagai barang mewah yang jarang
dimiliki masyarakat umum. Namun, seiring perkembangan zaman, handphone
telah dimiliki oleh semua kalangan baik yang benar-benar membutuhkan maupun
yang kurang membutuhkan tak terkecuali para remaja.
Kini handphone bukan lagi
sekadar alat berkomunikasi, tetapi handphone juga merupakan alat untuk
mencipta dan menghibur dengan suara, tulisan, gambar, dan video. Para remaja
sekarang berlomba-lomba untuk memiliki handphone karena handphone
bukan hanya merupakan alat berkomunikasi, namun juga di kalangan remaja handphone
sekaligus sebagai gaya hidup, tren, dan prestise.
Selain itu, perkembangan pesat
beberapa teknologi komunikasi lainnya seperti Internet berhasil memengaruhi
para remaja. Sekarang internet tidak hanya sekadar teknologi untuk berbagi data
via e-mail, dan lain-lain. Namun, internet juga menawarkan berbagai situs yang
menyediakan berbagai hal seperti jejaring sosial yang sangat populer di
kalangan remaja. Jejaring social ini memungkinkan remaja untuk berkomunikasi
dengan orang lain di daerah lain atau di negara lain.
Di kalangan remaja, menggunakan
teknologi komunikasi, seperti handphone dan internet sebagai alat
multifungsi karena multifungsinya tersebut para remaja dapat menggunakan
teknologi ini secara positif ataupun negatif tergantung setiap individu. Contoh
positif dari penggunaan teknologi komunikasi adalah memanfaatkan teknologi ini
untuk membantu mereka dalam proses pembelajaran. Namun, ada beberapa hal yang
perlu dikhawatirkan dalam pemanfaatan teknologi komunikasi oleh para remaja
seperti penggunaan tidak sesuai kondisi. Mislanya, menggunakan handphone
dalam proses belajar mengajar untuk sms-an dengan pacar atau menggunakan
fasilitas internet untuk mengakses situs-situs porno, twitter-an dan lain-lain.
Berdasarkan argumentasi di atas,
maka saya tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang pengaruh kemajuan
teknologi komunikasi di kalangan remaja.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas,
maka permasalahan dalam tulisan ini adalah :
1. Apa pengertian teknologi komunikasi ?
2. Bagaimana dampak positif dari kemajuan teknologi komunikasi
?
3. Bagaimana dampak negatif dari kemajuan teknologi komunikasi
?
4. Apa tindakan yang dilakukan remaja untuk menghindari
penyalahgunaan dari teknologi komunikasi ?
1.3
Tujuan
Penulisan
Tulisan ini bertujuan untuk :
1. Untuk
mengetahui pengertian dari teknologi komunikasi.
2. Untuk
mengetahui dampak positif dari kemajuan teknologi komunikasi.
3. Untuk
mengetahui dampak negatif dari kemajuan teknologi komunikasi.
4. Apa tindakan yang dilakukan remaja untuk menghindari
penyalahgunaan teknologi komunikasi ?
1.4
Manfaat Penelitian
Adapun
manfaat tulisan ini antara lain :
1. Dapat menambah wawasan penulis dan khalayak tentang hal-hal
yang berhubungan dengan pengaruh kemajuan teknologi komunikasi terhadap remaja.
2. Sebagai bahan referensi untuk pembaca.
3. Dapat melatih siswa pada umumnya dan penulis khususnya dalam
mengembangkan wawasan diri untuk menyusun buah pikiran secara sistematis dalam
bentuk makalah.
BAB
II
TINJAUAN
PUSTAKA
2.1 Pengertian Teknologi Komunikasi
Teknologi
merupakan pengetahuan terhadap penggunaan alat dan kerajinan, dan bagaimana hal
tersebut mempengaruhi kemampuan untuk mengontrol dan beradaptasi dengan
lingkungan alamnya. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani technología
(τεχνολογία) ‐
TECHNE (τέχνη), 'kerajinan' dan‐Logia (‐λογία), studi tentang sesuatu, atau cabang pengetahuan dari
suatu disiplin. Teknologi juga dapat diartikan benda‐benda yang berguna bagi manusia,
seperti mesin, tetapi dapat juga mencakup hal yang lebih luas, termasuk sistem,
metode organisasi, dan teknik. Istilah ini dapat diterapkan secara umum atau
spesifik: contoh‐contoh mencakup "teknologi konstruksi",
"teknologi medis", atau "state‐of‐the‐art teknologi". Jadi,
pengertian teknologi adalah alat-alat yang dibuat atau dirancang oleh manusia
yang bertujuan untuk memudahkan kegiatan-kegiatan manusia.
Sementara,
pengertian dari komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu
pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi di antara keduanya.
Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak.
Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat
dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu,
misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini
disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.
Berdasarkan uraian di atas, maka
dapat disimpulkan pengertian teknologi komunikasi adalah sistem
elektronik yang digunakan untuk berkomunikasi antar individu atau kelompok
orang. Teknologi komunikasi menfasilitasi komunikasi antar individu atau
kelompok orang yang tidak bertemu secara fisik di lokasi yang sama. Teknologi
komunikasi dapat berupa telpon, telex, fax, radio, televisi, audio video’ electronic
data interchange and e-mail.
2.2 Dampak Positif dari Kemajuan
Teknologi Komunikasi
Saat ini teknologi komunikasi
berkembang sangat pesat. Beberapa contoh hasil dari perkembangan teknologi
komunikasi adalah hadirnya internet, handphone, televisi, dan lain-lain.
Hal ini menyebabkan akses informasi menjadi semakin cepat dan tentunya
alat-alat tersenut menjadi sumber informasi baik informasi positif maupun
negatif. Berikut ini akan dijelaskan dampak-dampak positif dari kemajuan
teknologi komunikasi.
- Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
- Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
- Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
- Fungsi komunitas dan hiburan internet membentuk masyarakat baru yang beranggotakan para pengguna internet dari seluruh dunia dan dapat berkomunikasi, mencari informasi, berbelanja, melakukan transaksi bisnis, dan sebagainya. Beberapa perangkat hasil dari teknologi komunikasi menyediakan fasilitas game, audio, dan video. Karena sifat internet yang mirip dengan dunia kita sehari-hari, maka internet sering disebut sebagai cyberspace atau virtual world (dunia maya).
5. Mempermudah proses pembelajaran. Layanan online
dalam pendidikan pada dasarnya adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi
pengguna (siswa) dengan menggunakan internet sebagai media pendidikan seperti:
pendaftaran, test masuk, pembayaran, perkuliahan, penugasan kasus, pembahasan
kasus, ujian, penilaian, diskusi, pengumuman, dll
6. Mempermudah
komunikasi untuk menyambung silaturahmi, seperti pada
telepon genggam yang dilengkapi dengan fitur pesanan dan telepon yang
memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang di daerah lain ataupun di negara
lain. Bahkan sekarang telepon genggam telah menganut sistem berbasis 3G dimana
seseorang dapat berkomunikasi via telepon sekaligus melihat wajah lawan
bicaranya.
2.3
Dampak Negatif dari Kemajuan Teknologi Komunikasi
Kemajuan
teknologi, adalah hal yang patut disyukuri. Sebab dengan sentuhan teknologi,
berbagai pemenuhan kebutuhan hidup manusia menjadi lebih mudah. Pada dasarnya,
teknologi membawa implikasi positif dalam sejarah kehidupan manusia. Akan
tetapi, jika hasil capaian teknologi kemudian disalahgunakan, maka yang muncul
adalah beragam dampak buruk
penyalahgunaan. Penyalahgunaan rekayasa teknologi itu sendiri akan membuat
hidup manusia semakin sulit. Tidak terkendali. Menjadi linglung. Bahkan menjadi
ambigu.
Berikut ini
adalah dampak-dampak negatif dari kemajuan teknologi komunikasi.
·
Pornografi
Dengan
kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun
merajalela. Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi
program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat
di-akses.
·
Penipuan dan Carding
Internet
tidak luput dari ancaman penipuan, cara belanja dengan menggunakan kartu kredit adalah cara
yang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun
paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini.
·
Anti sosial
Internet
dapat mengurangi sifat sosial manusia karena lebih suka menggunakan komunikasi
secara tidak langsung, hal ini mengakibatkan pola kehidupan masyarakat berubah.
·
Penggunaan tidak
sesuai kondisi
Misalnya,
menggunakan handphone pada saat proses belajar mengajar berlangsung
untuk sms-an dengan teman atau pacar atau membuka situs jejaring sosial
(facebook, twitter, plurk, yahoo koprol, dll) pada saat belajar dikelas.
2.4 Tindakan guna menghindari Penyalahgunaan Teknologi Komunikasi
Tindakan yang dapat dilakukan guna
menghiindari penyalahgunaan teknologi antara lain adalah :
- Gunakan teknologi untuk menjalin hubungan yang lebih intents dengan teman atau orang-orang yang sebelumnya telah dikenal didunia nyata. Jangan terobsesi untuk mencari teman-teman baru di Facebook, twitter , atau sosial media yang lain karena kecenderungan yang terjadi akan membuat kita menjadi ansos.
- Jika ingin mencari teman-teman yang baru didunia maya, carilah komunitas positif yang sering melakukan pertemuan di dunia nyata atau biasa dikenal dengan istilah kopdar atau kopi darat. Komunitas seperti inilah yang benar-benar akan mengasah kemampuan komunikasi, karena komunitas-komunitas ini seringkali memberikan kita inspirasi dan dukungan yang optimal pada kehidupan anda.
·
Menghindari
mengakses situs porno atau mendownload konten-konten porno
- Tidak membawa handphone ke sekolah atau menonaktifkan handphone saat pelajaran berlangsung agar tidak mengganggu konsentrasi belajar.
·
Harus
bisa mengatur waktu sebaik-baiknya antara belajar dan memanfaatkan teknologi
komunikasi, seperti handphone, internet, dan lain-lain.
Dalam hal ini pengawasan dari orang
tua juga sangat penting. Mengingat kenakalan remaja dilakukan mayoritas
dilakukan oleh para remaja yang kurang mendapat perhatian dari orang tua.
BAB III
OBJEK DAN METODE PENELITIAN
Penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui tanggapan responden terhadap vairiabel-variabel yang
diteliti. Makadari itu untuk mengetahui tanggapan responden tersebut perlu
dilakukan dengan cara yang benar. Metode penelitian harus disesuaikan dengan
objek dan variabel yang ada dilaksanakan dengan benar untuk memberikan arah
yang benar dalam penelitian sehingga hasil penelitian dapat dipertanggung jawabkan
secara ilmiah .
3.1 Objek Peneleitian
Penelitian ini menganalisis mengenai
pengaruh kemajuan teknologi komunikasi terhadap remaja. Adapun yang menjadi
objek penelitian sebagai variabel bebas (X) adalah teknologi yang berkembang
yang kemudian berdampak terhadap variabel Y. Variabel terikat (Y) adalah Remaja
yang merupakan pengguna teknologi komunikasi sekaligus sebagai penerima dampak
dari kemajuan teknologi komunikasi .
3.2 Metode Penelitian
Dalam
penelitian ini menggunakan Penelitian
survei, karena cukup banyak digunakan untuk pemecahan masalah-masalah pendidikan
termasuk kepentingan perumusan kebijaksanaan pendidikan. Tujuan utamanya adalah
mengumpulkan informasi tentang variabel dari sekolompok obyek (populasi).
Survei dengan cakupan seluruh populasi (obyek) disebut sensus. Sedangkan survei
yang mempelajari sebagian populasi dinamakan sampel survei. Untuk kepentingan
pendidikan, survei biasanya mengungkap permasalahan yang berkenaan dengan
berapa banyak siswa yang mendaftar dan diterima di suatu sekolah? Berapa jumlah
siswa rata-rata dalam satu kelas? Berapa banyak guru yang telah memenuhi
kualifikasi yang telah ditentukan? Pertanyaan-pertanyaan kuantitatif seperti
itu diperlukan sebagai dasar perencanaan dan pemecahan masalah pendidikan di sekolah. Pada tahap
selanjutnya dapat pula dilakukan perbadingan atau analsis hubungan antara
variabel tersebut.
Menurut Zikmund (1997) “metode
penelitian survey adalah satu bentuk teknik penelitian di mana informasi
dikumpulkan dari sejumlah sampel berupa orang, melalui pertanyaan-pertanyaan”,
menurut Gay & Diehl (1992) “metode penelitian survey merupakan
metode yang digunakan sebagai kategori umum penelitian yang menggunakan
kuesioner dan wawancara”, sedangkan menurut Bailey (1982) “metode
penelitian survey merupakan satu metode penelitian yang teknik pengambilan
datanya dilakukan melalui pertanyaan – tertulis atau lisan”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar